Terimakasih atas kunjungan anda

Sabtu, 17 November 2012

Pelaku Ekonomi dan Contohnya



rangkuman Original by 
Nama : ARYA SULA CAKRA BUANA, sumberan Google & Yahoo

Penjelasan ,Contoh-Contoh dan Bukti nyata Pelaku Ekonomi

Penjelasan
Pelaku Ekonomi
Pelaku ekonomi dapt dibedakanmenjadi 4 kelompok antara lain sebagai berikut
a. Rumah tangga keluar
b. Perusahaan
c. Pemerintah
d. Masyarakat luar negeri
Rumah Tangga Keluarga
Rumah tangga keluarga adalha asuatu rumah tangga yang menggunakan pendaptan atau kekayaan dengan cara tertentu untuk memenuhi kebutuhannya. Kegiatan rumah tangga meliputi berikut ini.
a. Memiliki dan menyediakan faktor produksi.
b. Memperoleh imbalan balas jasa atas penyerahan faktor produksi yang berupa sewa, upah, bunga dan laba.
1) Sewa (rent) adalah balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah menyewakan tanahnya kepada pihak lain, misal perusahaan.
2) Upah adalah balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan dalam produksi.
3) Bunga adalah balas jasa yang diteirma dari perusahaan karena telah emnggunakan sejumlah dana untuk modal usaha persuaahan dalam kegaitan produksi.
4) Laba (provit) adalah balas jasa yang diterima karena telah mengorbankan tenaga dan pikirannya mengelola perusahaan, sehingga kegiatan ekonomi dapat terlaksana.
Peranan rumah tangga konsumen sebagai berikut
1) Rumah tangga berperan sebagai pemasok faktor produksi pada perusahaan untuk kegiatan produksi.
2) Rumah tangga sebagai pemakai (konsumen) barangdan jasa yang dihasilkan perusahaan lain
 Perusahaan
Perusahan adalah rumah tangga ekonomi yang memenuhi kebutuhan dengan cara menghasilkan barang-barang dan jasa atau melakukan kegiatan produksi.
Peranan perusahaan dalam kegiatan ekonomi
a. Sebagai produsen yaitu dengan menghasilkan barang dan jasa yang di butuhkan oleh rumah tangga, keluarga, pemeirntah bahkan masyarakat luar negeri.
b. Sebagai distributor yaitu sebagai penyalur barang dalam rangka melayani kepentingan konsumen agar barang yang dibutuhkan tepat waktu dan tepat sasaran.
c. Sebagai agen pembangunan, kegiatan perusahaan ini ditujukan untuk meningkatkan produksi melalui penelitian dan pengembangan.
 Pemerintah
Pemerintah adalah pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan mengatur kehidupan ekonomi baik konsumen, produsen, dan distribusi agar kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan. Peranan pemerintah dalam kegiatan perekonomian antara lain sebagai berikut :
a. Pengaruh sebagai pengatur
Pengaturan kegaitan ekonomi oleh pemerinah dapt ditempuh melalui peraturan perundang-undangan disertai tindakan nyata.
b. Pemerintah sebagai pengontrol
Sebagai pengontrol kegiatan ekonomi pemerintah mempunyai bank sentral yang berfungsi mengawasi lalu lintas keuangan.
c. Pemerintah sebagai pengusaha
Pemerintah memiliki alat pemaksa bagi terselenggaranya ketertiban dalam masyarakat. Pemerintah menitikan alat pengadian bagi terselenggaranya keadilan bagi seluruh rakyat.
d. Pemerintah sebagai konsumen
1) Pemerintah dapat bertindak sebagai produsen untuk menghasilkan barang dan jasa yang menyangkut kepentingan orang banyak. Kegiatan ini dilakukan melalui BUMN dan BUMD.
2) Pemerintah bertindak sebagai investor dimana pemerintah sebagai penanam modal baik seluruhnya atua sebagian pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
D. Arus Lingkaran Kegiatan Ekonomi
Arus lingkaran kegiatan ekonomi atau circular flow diagram menggambarkan kegiatan ekonomi yang terus menerus berputar dan menghubungkan antara satu pelaku ekonomio dengan pelaku ekonomi lainnya. Pada dasarnya pelaku kegaitan ekonomi terdiri atas Rumah Tangga Konsumen (RTK) dan Rumah Tangga Produsen (RTP). Sehingga apabila digambarkan dalam bentuk bagan arus barang dan arus yang akan nampak sebagai berikut :
Penjelasan dari gambar di atas adalah sebagai berikut
1. Rumah tangga konsumen sebagai penghasil faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan skill) menjualnya ke pasar faktor produksi. Dari pasar faktor produksi, rumah tangga produsen membeli/menggunakan faktor produksi.
2. Rumah tangga produsen memberikan/membayar balas jasa faktor produksi dengan uang (berupa sewa, upah, bunga dan laba)
3. Rumah tangga konsumen yang menggunakan balas jasa yang diterimanya untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan rumah tangga produsen.
4. Rumah tangga produsen akan menyerahkan barang/jasa yang diproduksinya kepada rumah tangga konsumen melalui pasar barang/jasa.
Dengan demikian nomor 1 dan 4 merupakan arus faktor produksi dan barnag, sedangkan nomor 2 dan 3 merupakan arus uang.
Dalam skala yang lebih luas, arus lingkar kegiatan ekonomi akan nampak seperti di bawah ini. Pada dasrnya bagian di atas menggambarkan peranan masing-masing pelaku ekonomi.
Pada dasarnya gambar di atas menggambarkan peranan masing-masing pelaku ekonomi yaitu sebagai berikut :
1. Rumah Tangga Konsumen (RTK) yang menghasilkan faktor-faktor produksi menjualnya ke pasar produksi. Sebagai balas jasa akan diterima uang berupa sewa, upah, bunga dan laba. Dari penghasilannya, RTK akan membelanjakan uang untuk membeli barang dari pasar barang, membayar pajak kepada pemerintah atau membeli impor. Selisih dair penghasilan dengan pengeluarannya digunakan untuk ditabung.
2. Rumah Tangga Produsen (RTP) membeli faktor-faktor dari rumah tangga dan memberikan uang sebagai balas jasa rumah tangga. Selanutnya eprusahan memproduksi barang/jasa dan dijual ke pasar barang atau ekspor.
3. Pemerintah memperoleh pendapatan dari penerimaan pajak pribadi, pajak usaha, bea masuk, dan sumber lain. Pendapatan ini digunakan pemerintah untuk membangun negara dengan cara belanja barang, membayar gaji pegawai negeri, memberikan subsidi, dan lain-lain.
4. Rumah tangga luar negeri dalam bidang ekonomi melalui kegiatan ekspor dan impor serta kegiatan lain yang menguntungkan tiap Negara.
E. Peran Konsumen dan Produsen
1. Peran Produsen
Produsen bias saja pemerintah, rumah tanga, perusahaan, atau masyarakat luar negeri. Peran produsen dalma sebuah perekonomian sangat penting, yaitu memproduksi barang dan jasa. Barang dan jasa yang diproduksi haruslah yang benar-benar bermanfaat dan tidak melanggar peraturan yang berlaku. Artinya, produsen tidak boleh memproduksi barnag atua jasa yang tidak bermanfaat atau bahkan merusak kehidupan konsumen, seperti minuman keras dan ganja. Secara lebih terinci peran produsen sebagai berikut.
a. Memproduksi barang dan jasa
Barang dan jasa yang diproduksi haruslah barang dan jasa yang diinginkan konsumen. Dalam memproduksi barang dan jasa produsen selalu memperhitungkan biaya produksi dan menghubungkannya dengan keuntungan yang diperoleh.
b. Menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran
Untuk melakukan produksi dibutuhkan tenaga kerja. Tenaga diperoleh dari pasar input yang setiap tahun selalu bertambah jumlahnya. Namun pertambahan ini tidak diikuti oleh terbukanya kesempatan kerja yang lebih banyak sehingga menyebabkan pengangguran. Dalam hal ini produsen bisa mengurangi pengangguran dalam dalam proses produksi barang dan jasa.
c. Meningkatkan pendapatan masyarakat dan Negara
Produsen membayarkan upah, gaji, dan bentuk pembayaran lainnya kepada beberap pihak yang terlibat dalmaproses produksi. Pembayaran ini merupakan pendapatan bagi pihak-pihak yang terlibat tersebut. Dengan pendapatan tersebut berarti produsen berperan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan Negara.
d. Meningkatkan kepedulian social
Produsen dapat berperan dalam meningkatkan kepedulian social dengan cara ikut berpartisipasi dalam memberikan bantuan terhadap korban gempa, tsunami, dan bencana alam lainnya.
e. Meningkatkan kemakmuran
Produksi merupakan salah satu pertanda kemakmuran. Makin banyak produksi yang dilakukan makin makmur suatu Negara. Jadi, konsumsi harus selalu bisa memperbesar kapasitas produksinya agar kemakmuran masyarakat dapat diwujudkan.
2. Peran konsumen
Konsumen juga bisa terdiri dari rumah tangga, pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Akan tetapi, konsumen terbesar berasal dari rumah tangga. Dengan demikian dapat kita identikan peran konsumen dengan peran rumah tangga, peran konsumen antara lain sebagai berikut
a. Sumber tenaga kerja
Rumah tangga merupakan sumber tenaga kerja bagi proses produksi yang dilakukan produsen. Dengan adanya tenaga kerja proses produksi dapta dilaksanakan dengan baik.
b. Sebagai pengonsumsi barang atau jasa
Barang dan jasa yang dihasilkan produsen dikonsumsi oleh konsumen. Dengan demikian barang atau jasa berguna karena mampu memenuhi keinginan konsumen.

Contoh Dan Bukti

1.       Rumah tangga (rumah tangga sebagai konsumen dan rumah tangga sebagai produsen dan distributor)
  Rumah Tangga Produksi
Alamat :
httpwww.google.co.idimgresq=rumah+tangga+produksi&um=1&hl=id&tbm=isch&tbnid=INlwG57tx1MIfM&imgrefurl=httpbisnis-jabar.comindex.phpberitafoto-subsidi-listrik-hanya-dinikmati-kalangan-mampu&docid=aDeL_lMbQanweM&imgurl=httpbisnis-jabar.comwp-conte

 Rumah tangga Konsumen/konsumsi , alamat
httpwww.google.co.idimgresq=rumah+tangga+konsumen&um=1&hl=id&sa=N&tbm=isch&tbnid=zaaLzUUCkqeQzM&imgrefurl=httpbandung.detik.comreadfoto2008091719135310080805014&docid=3QOntPN9F3mfsM&imgurl=httpus.images.detik.comcontent20080917501gas4.jpg&w=450
 
Rumah Tangga Distributor
httpwww.google.co.idimgresq=rumah+tangga+distributor&start=268&um=1&hl=id&tbm=isch&tbnid=VLkUaWtQmLeyNM&imgrefurl=httpwww.kaskus.co.idpost508a8cc6532acf9c3d000008&docid=iX9ujbOF5nKzBM&imgurl=httpvavai.comwp-contentuploads201201toko.jpg&w=1024&h
2.       Masyarakat (masyarakat sebagai konsumen, produsen dan distributor)
Masyarakat Sebagai Produsen
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=masyarakat+sebagai+produsen&num=10&hl=id&tbm=isch&tbnid=9loAvweVNn_GDM&imgrefurl=httpwww.vemale.comfashionberita9561-cintaku-pada-batik-takkan-pernah-pudar.html&docid=U_sTemsYDVMnyM&imgurl=httpklimg.comkapanlagi.comp
Masyarakat Sebagai Konsumen
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=rumah+tangga+konsumen&um=1&hl=id&sa=N&tbm=isch&tbnid=VfZYtKegt5sceM&imgrefurl=httpikapalasbatam.blogspot.com201007di-pasar-sibuhuan-harga-sembako-semakin.html&docid=CWl7QO-N8ixuiM&imgurl=http1.bp.blogspot.com_GuW-Nk9

Masyarakat sebagai Distributor
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=masyarakat+sebagai+distributor&hl=id&tbm=isch&tbnid=GW--Hk6h7uAGMM&imgrefurl=httpedukasi.kompasiana.com20100517pemenang-tidak-pernah-berhenti&docid=zP-AvAo4h-LAmM&imgurl=httpsphotos.ak.fbcdn.nethphotos-ak-ash1hs523.a
 3.Perusahaan (perusahaan sebagai produsen, konsumen dan distributor)
  Perusahaan sebagai produsen
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=masyarakat+sebagai+produsen&num=10&hl=id&tbm=isch&tbnid=Ib5cXo4s9IAGTM&imgrefurl=httpoto.detik.comread201010161313131466664648honda-ngungsi-ke-desa-kalau-motor-di-kota-dibatasi%3Fo771108bcj&docid=u05AV5OnbhMHrM&imgur
Perusahaan sebagai konsumen
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=perusahaan+sebagai+konsumen&start=195&hl=id&tbm=isch&tbnid=5_wiV9FTsUGkuM&imgrefurl=httparticle.wn.comview20120628Berakhir_Pekan_Dengan_Saham_KonsumenRitel&docid=Zcn9ovuVjZ7vYM&imgurl=httpi.ytimg.comvi_zb3zlG61bo0.jp
Perusahaan Sebagai Distributor
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=perusahaan+sebagai+distributor&hl=id&tbm=isch&tbnid=T3e4gOzYfDtmFM&imgrefurl=httpbisnis.news.viva.co.idnewsread59129-bulog_jadi_distributor_gula_nasional&docid=XwB3iqVfTGzAuM&imgurl=httpmedia.viva.co.idthumbs22008121


4.      Koperasi (koperasi sebagai konsumen, produsen dan distributor)
 
Koperasi sebagai Produsen
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=4.%09Koperasi+%28koperasi+sebagai+konsumen,+produsen+dan+distributor%29&hl=id&tbm=isch&tbnid=I1HPji74sHhzXM&imgrefurl=httpwww.okebana.com201203koperasi-akan-ambil-alih-pengelolaan.html&docid=jOYp1UcCx9Ik4M&imgurl=htt
Koperasi sebagai konsumen
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=4.%09Koperasi+%28koperasi+sebagai+konsumen,+produsen+dan+distributor%29&hl=id&tbm=isch&tbnid=Lflt7tyyJvC7VM&imgrefurl=httpvariakoperasi.blogspot.com&docid=8WZu2OOgbucT-M&imgurl=http4.bp.blogspot.com_j-1sgul1EyISjXpZb
Koperasi sebagai distributor

Alamat :
httpwww.google.co.idimgresq=4.%09Koperasi+%28koperasi+sebagai+konsumen,+produsen+dan+distributor%29&hl=id&tbm=isch&tbnid=aaw2iTdBeJYR8M&imgrefurl=httpberitadaerah.comnewsgetContent60502&docid=I0jnzsV9zdbNLM&imgurl=httpberitadaerah.comadminimage
5.      Negara (Negara sebagai konsumen, produsen dan distributor), selain sebagai pelaku kegiatan ekonomi Negara juga berperan sebagai pengatur kegiatan ekonomi

Negara sebagai produsen
Alamat
httpwww.google.co.idimgresq=Negara+%28Negara+sebagai+konsumen,+produsen+dan+distributor%29&hl=id&tbm=isch&tbnid=4DwvebfWotjbSM&imgrefurl=httpsmpn1karangdadap.wordpress.combahan-ajarbahan-ajar-ips&docid=Eq72jNXEbx9f-M&imgurl=httpsmpn1karangdadap

Negara sebagai konsumen
Alamat
httpsmpn1karangdadap.files.wordpress.com201105hal01b.jpg
Negara sebagai distributor
Alamat
http://www.google.co.id/imgres?q=Negara+sebagai+distributor&hl=id&tbm=isch&tbnid=zjSuHKrzq2VgvM:&imgrefurl=http://techno.okezone.com/read/2011/03/17/324/435891/metrodata-distributor-resmi-produk-netapp&docid=RjekNeASlLiXqM&imgurl=http://m.okezone.com/mimg/2011/03/17/324/435891/large_v6mrLiuJcS.JPG&w=400&h=220&ei=y36oUL3nIYqhiAe8_IDoCw&zoom=1&iact=hc&vpx=1022&vpy=4&dur=5519&hovh=166&hovw=303&tx=181&ty=101&sig=109287713769268947397&page=2&tbnh=147&tbnw=258&start=18&ndsp=23&ved=1t:429,r:35,s:0,i:175&biw=1366&bih=606

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar